cara menghentikan aplikasi latar belakang

Cara Menghentikan Aplikasi Latar Belakang di Android

Kenapa Harus Menghentikan Aplikasi Latar Belakang?

Apa itu aplikasi latar belakang? Aplikasi latar belakang adalah aplikasi yang masih menjalankan fungsinya meskipun Anda telah meninggalkan aplikasi tersebut atau bahkan ketika layar ponsel Anda dalam keadaan mati. Aplikasi ini dapat memakan spasi penyimpanan dan mengurangi daya baterai perangkat Anda.

Salah satu alasannya adalah bahwa aplikasi latar belakang seringkali berjalan terus menerus bahkan setelah Anda selesai menggunakannya, tetapi mereka tetap aktif di latar belakang dan terus-menerus mengakses internet. Ini dapat menguras baterai perangkat dan juga dapat memperlambat kinerja smartphone Anda.

Menghentikan aplikasi latar belakang dapat membantu menghemat daya baterai, membantu mempercepat kinerja perangkat, serta membantu membebaskan ruang penyimpanan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara menghentikan aplikasi latar belakang pada perangkat Android Anda dengan beberapa langkah sederhana.

Cara Menghentikan Aplikasi Latar Belakang

Bagaimana cara menghentikan aplikasi latar belakang pada perangkat Android? Simak langkah-langkah mudah berikut ini:

1. Gunakan Tombol Aplikasi Terbaru

Salah satu cara tercepat untuk menghentikan aplikasi latar belakang adalah dengan menggunakan tombol aplikasi terbaru. Coba tekan tombol tiga garis bertingkat pada bagian bawah layar ponsel Anda untuk membuka daftar aplikasi terbaru yang digunakan. Dalam daftar itu, Anda dapat mengambil setiap aplikasi dan menggesek ke samping atau ke atas untuk menghentikan aplikasi. Cara ini sangat efektif dan membantu dalam menghemat daya baterai dan menjalankan kinerja yang lebih halus.

tombol aplikasi terakhir

2. Gunakan Pengaturan Aplikasi

Jika tombol aplikasi terbaru di atas tidak tersedia pada ponsel Android Anda, kemudian Buka Pengaturan dan ketuk “Aplikasi”. Di bagian ini, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal pada perangkat Anda. Pilih aplikasi yang ingin Anda hentikan, Kemudian ketuk berhenti atau Stop kemudian sisakan ikon aplikasi di dekat bagian bawah layar Anda.

pengaturan aplikasi

3. Gunakan Aplikasi Pembunuh Tugas

Jika Anda ingin menghentikan beberapa aplikasi sekaligus, gunakan aplikasi pembunuh tugas. Aplikasi ini dapat membantu Anda menghentikan aplikasi latar belakang dengan cepat justeru tidak akan memakan banyak waktu. Sejumlah aplikasi seperti “Advanced Task Killer” dan “Clean Master” sangat efektif dalam mengatasi masalah aplikasi latar belakang. Anda dapat mencarinya di Google Play Store dan mendownload secara gratis.

4. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Perangkat Android Anda menampilkan banyak aplikasi yang tidak memerlukan Anda gunakan terus menerus. Cobalah untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak Anda gunakan. Contohnya, bila Anda jarang menggunakan pelacak olahraga atau bantuan akses, coba matikan aplikasi itu. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan lebih banyak daya baterai untuk aplikasi yang Anda gunakan setiap hari, seperti media sosial atau permainan.

Kesimpulan

Menghentikan aplikasi latar belakang pada perangkat Android Anda dapat membantu menghemat daya baterai, mempercepat kinerja perangkat dan juga membantu membebaskan ruang penyimpanan. Gunakan fitur Pengaturan Aplikasi pada perangkat Android Anda untuk menghentikan aplikasi latar belakang atau aplikasi pembunuh tugas untuk menganulir sejumlah aplikasi sekaligus. Jangan lupa untuk menghilangkan aplikasi yang tidak terpakai padahal konsumsi mulai banyak, seperti pelacak olahraga dan bantuan akses. Dengan cara ini, Anda akan memiliki ponsel Android yang lebih efisien dan nyaman digunakan.

Apa itu Aplikasi Latar Belakang pada Perangkat Android?

Aplikasi latar belakang adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang perangkat Android Anda, bahkan ketika Anda tidak sedang menggunakannya. Meskipun aplikasi ini mungkin tidak terlihat, mereka terus meningkatkan penggunaan daya baterai dan membebani kinerja perangkat Anda. Beberapa aplikasi latar belakang mungkin terlihat penting seperti misalnya aplikasi pesan instan atau email, namun yang lain riskan menyebabkan kerugian pada daya baterai dan kinerja perangkat Anda yang bisa berujung pada ponsel Anda yang cepat panas.

Mengapa Harus Menghentikan Aplikasi Latar Belakang?

Menghentikan aplikasi latar belakang sangat penting untuk meningkatkan kinerja perangkat Android Anda. Ketika Anda menginstal banyak aplikasi dan membiarkan mereka berjalan di latar belakang, perangkat Anda akan cepat panas dan daya baterai bisa habis dengan sangat cepat. Ada juga risiko yang harus diwaspadai dalam hal aplikasi latar belakang, misalnya penyusup atau aplikasi berbahaya yang bisa merusak atau mencuri data dari perangkat Anda.

Jika Anda tidak menghentikan aplikasi latar belakang, ada kemungkinan beberapa aplikasi tetap berjalan bahkan ketika Anda tidak menggunakan atau membutuhkannya. Ini akan menyebabkan perangkat Android Anda bekerja lebih berat dari seharusnya dan daya baterai akan cepat habis, sehingga membuat Anda sering harus mencari colokan untuk mengecas. Selain itu, aplikasi latar belakang juga bisa mengambil memori perangkat Anda, menyebabkan perangkat Anda berfungsi dengan lambat atau bahkan tidak merespon sama sekali.

Bagaimana Cara Menghentikan Aplikasi Latar Belakang pada Perangkat Android?

Ada beberapa cara untuk menghentikan aplikasi latar belakang pada perangkat Android Anda. Pertama-tama, Anda bisa mematikan aplikasi berbahaya atau tidak terpakai secara manual dari dalam pengaturan aplikasi. Caranya, buka Pengaturan> Aplikasi> Aplikasi terbaru atau Aplikasi yang berjalan > ketuk aplikasi yang ingin Anda hentikan> Stop atau Force Stop. Pilihan tergantung pada jenis perangkat Android yang Anda gunakan namun secara umum cara ini dapat Anda lakukan dengan mudah.

Anda juga bisa mengunduh aplikasi pengelolaan dan pembersih untuk membantu anda menghentikan aplikasi latar belakang. Aplikasi itu akan secara otomatis menganalisis aplikasi pada perangkat Anda dan memberikan saran untuk menghentikan aplikasi latar belakang yang tidak dibutuhkan. Beberapa aplikasi pengelolaan dan pembersih pilihan yang populer termasuk Clean Master dan AVG Cleaner.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan perintah “wipe cache partition” untuk menjalankan pembersihan otomatis pada perangkat Anda. Caranya, matikan ponsel Anda dan tekan tombol “Volume Up” dan “Power” bersamaan hingga masuk ke menu “Recovery”. Dari menu tersebut pilih “wipe cache partition” dan tunggu hingga proses pembersihan selesai.

Pada akhirnya, menghentikan aplikasi latar belakang pada perangkat Android Anda sangat penting untuk memaksimalkan kinerja perangkat Anda dan memperpanjang masa pakai baterai. Selain itu, menghentikan sejumlah aplikasi latar belakang yang tidak dibutuhkan juga bisa membantu melindungi perangkat Anda dari aplikasi berbahaya yang dapat merusak atau mencuri data dari perangkat Anda.

Cara Menghentikan Semua Aplikasi Latar Belakang Sekaligus

Ketika menggunakan perangkat Android untuk jangka waktu yang lama, kita mungkin akan melihat lambatnya kinerja perangkat. Salah satu alasan utama dari hal tersebut adalah terlalu banyaknya aplikasi di latar belakang yang berjalan secara bersamaan. Ini bisa menghabiskan RAM dan memori internal, sehingga membuat perangkat menjadi lambat dan sulit digunakan.

Namun, jangan khawatir karena ada cara menghentikan semua aplikasi latar belakang sekaligus pada perangkat Android. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk menghentikan aplikasi latar belakang secara bersamaan:

Gambar langkah menghentikan aplikasi latar belakang

1. Buka pengaturan aplikasi

Pertama, buka pengaturan aplikasi pada perangkat Android Anda. Anda dapat menemukan pengaturan aplikasi dengan mengunjungi pengaturan keseluruhan dan kemudian mencari opsi aplikasi.

2. Pilih aplikasi

Pada layar pengaturan aplikasi, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terpasang pada perangkat. Pilih “semua aplikasi” atau “aplikasi yang berjalan di latar belakang” untuk melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.

3. Hentikan aplikasi latar belakang secara bersamaan

Pada mode ini, Anda dapat menonaktifkan seluruh aplikasi yang dianggap tidak diperlukan untuk berjalan di latar belakang. Untuk melakukannya, buka menu pengaturan pada mode pengelolaan aplikasi dan tekan tombol “berhenti paksa” atau “tutup paksa.” Setelah itu, semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang akan segera terhenti.

Proses ini tidak hanya akan menghentikan aplikasi dari latar belakang, tetapi juga akan mengurangi penggunaan memori dan RAM, sehingga membuat perangkat lebih cepat dan ringan. Dalam beberapa kasus, menghentikan aplikasi latar belakang terbukti menghemat baterai.

Kesimpulan

Menghentikan semua aplikasi latar belakang sekaligus pada perangkat Android akan membantu dalam meningkatkan kinerja perangkat secara signifikan. Langkah-langkah untuk melakukannya cukup mudah, dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Jangan ragu untuk menggunakan trik ini ketika Anda merasa perangkat Android Anda lambat dan tidak responsif.

Cara Menghentikan Aplikasi Latar Belakang Satu Persatu

Setiap aplikasi pada perangkat Android memiliki kemampuan berjalan di latar belakang. Hal ini berguna agar pengguna tetap dapat menerima notifikasi dan menjalankan aplikasi tanpa harus membukanya secara langsung. Namun, penggunaan aplikasi latar belakang dalam jumlah banyak akan mempengaruhi kinerja dan daya tahan baterai perangkat. Oleh karena itu, perlu diketahui cara menghentikan aplikasi latar belakang satu persatu pada perangkat Android agar tidak mempengaruhi kinerja.

android phone

Cara Menghentikan Aplikasi Latar Belakang Satu Persatu

1. Buka menu “Pengaturan” pada perangkat Android dan pilih opsi “Aplikasi” atau “Manajer Aplikasi”.

2. Pada daftar aplikasi yang muncul, pilih aplikasi yang ingin dihentikan dari berjalan di latar belakang.

3. Setelah memilih aplikasi yang ingin dihentikan, pilih opsi “Hentikan” atau “Stop” di bagian bawah menu. Aplikasi tersebut akan berhenti berjalan di latar belakang.

4. Pengguna juga dapat memilih opsi “Nonaktifkan” atau “Disable” untuk benar-benar menghentikan aplikasi tersebut. Opsi ini akan membuat aplikasi itu tidak berjalan sama sekali, baik di latar belakang maupun di depan layar. Namun, opsi ini hanya tersedia pada beberapa aplikasi yang dapat di-nonaktifkan oleh sistem operasi Android.

5. Ulangi langkah 2 sampai 4 untuk setiap aplikasi yang ingin dihentikan dari berjalan di latar belakang.

Apabila Terjadi Masalah pada Perangkat Ketika Aplikasi Dihentikan

Meski menghentikan aplikasi latar belakang dapat meningkatkan kinerja perangkat, terkadang penghentian aplikasi secara sembarangan dapat berdampak negatif pada beberapa aplikasi atau sistem operasi perangkat Android. Berikut beberapa masalah yang mungkin terjadi:

  • Beberapa aplikasi tetap berjalan di latar belakang meskipun sudah dihentikan secara manual. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kemampuan aplikasi untuk menjaga konektivitas atau pembaruan data. Apabila masalah ini terjadi, pengguna dapat memilih untuk “Membersihkan” aplikasi pada menu “Pengaturan > Aplikasi”.
  • Sistem operasi perangkat Android mungkin mencoba untuk mengaktifkan kembali aplikasi yang sudah dihentikan secara manual. Hal ini biasanya terjadi pada aplikasi sistem seperti “Google Play Services” atau “Google Play Store”. Pengguna dapat memilih untuk menonaktifkan pembaruan otomatis atau menonaktifkan aplikasi yang tidak berguna.
  • Beberapa perangkat Android mungkin memiliki fitur manajemen aplikasi yang berbeda-beda tergantung pada versi sistem operasi. Oleh karena itu, pengguna perlu lebih memahami perangkat dan sistem operasi yang digunakan agar tidak menimbulkan masalah atau kerusakan pada perangkat.

Dengan mengikuti cara menghentikan aplikasi latar belakang satu persatu pada perangkat Android di atas, pengguna dapat meningkatkan kinerja perangkat dan menghemat daya tahan baterai. Namun, perlu diingat bahwa penghentian aplikasi secara sembarangan dapat menimbulkan masalah pada aplikasi atau sistem operasi. Oleh karena itu, pengguna perlu memahami perangkat yang digunakan dan menghentikan aplikasi dengan hati-hati.

Peringatan Saat Menghentikan Aplikasi Latar Belakang

Mematikan aplikasi latar belakang pada perangkat Android bisa sangat menguntungkan karena bisa meningkatkan kinerja perangkat dan mengurangi penggunaan baterai. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menghentikan aplikasi latar belakang agar tidak menimbulkan masalah pada perangkat Android. Berikut adalah beberapa peringatan saat menghentikan aplikasi latar belakang:

1. Pilih Aplikasi yang Aman untuk Dihentikan

Saat menghentikan aplikasi latar belakang, pastikan untuk memilih aplikasi yang aman untuk dihentikan. Beberapa aplikasi yang tidak boleh dihentikan karena mungkin sedang berjalan di latar belakang dan diperlukan oleh sistem Android. Aplikasi seperti Google Play Services, Android System, dan keyboard bawaan Android harus dihindari agar tidak menyebabkan masalah pada perangkat Android.

2. Jangan Hentikan Aplikasi yang Penting saat Berjalan

Jangan menghentikan aplikasi yang sedang digunakan agar tidak menyebabkan crash pada aplikasi tersebut atau hilangnya data yang sedang disimpan. Jika ingin menghentikan aplikasi yang sedang digunakan, pastikan untuk menyimpan semua perubahan dan menutup aplikasi dengan benar terlebih dahulu.

3. Pilih Aplikasi yang Menguras Baterai

Pilih aplikasi yang menguras baterai paling banyak untuk dihentikan. Biasanya, aplikasi seperti game, streaming video, dan aplikasi media sosial mengkonsumsi baterai paling banyak. Dengan menghentikan aplikasi ini, kita bisa menghemat baterai dan memperpanjang masa pakai perangkat Android.

4. Hindari Menghentikan Aplikasi yang Dibutuhkan untuk Notifikasi

Aplikasi yang diperlukan untuk notifikasi seperti pesan teks, email, dan aplikasi panggilan, harus dihindari untuk dihentikan. Jika aplikasi ini dihentikan, kita akan kehilangan fungsi notifikasi dan missed call pada perangkat Android.

5. Hentikan dengan Benar

Pastikan untuk menghentikan aplikasi secara benar dengan menekan tombol close atau keluar dari aplikasi. Jangan terlalu sering menggunakan tombol “clear all” pada aplikasi pengelola tugas atau task killer karena dapat menyebabkan masalah pada perangkat Android. Aplikasi tersebut dapat menghentikan aplikasi yang tidak seharusnya dihentikan atau menghapus data penting pada aplikasi tersebut.

Pentingnya Menghentikan Aplikasi Latar Belakang di Perangkat Android

Perangkat Android memiliki kemampuan untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Namun, hal ini dapat mengakibatkan penggunaan daya baterai yang lebih tinggi dan memperlambat kinerja perangkat. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk menghentikan aplikasi latar belakang yang tidak lagi dibutuhkan. Berikut adalah beberapa cara menghentikan aplikasi latar belakang pada perangkat Android.

Cara Menghentikan Aplikasi Latar Belakang


Ilustrasi aplikasi latar belakang

1. Menggunakan Task Manager
Perangkat Android memiliki fitur task manager bawaan yang memungkinkan pengguna untuk melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan. Untuk mengakses task manager, tekan tombol “recent apps” di bagian bawah layar atau tekan tombol berlabel “menu” dan pilih “task manager”. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin dihentikan dan tekan tombol “stop” atau “force stop”.

2. Menggunakan Pengaturan Aplikasi
Pengguna juga dapat menghentikan aplikasi latar belakang melalui pengaturan aplikasi. Caranya adalah dengan membuka aplikasi “Settings” dan memilih “Apps” atau “Application manager”, tergantung pada perangkat yang digunakan. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin dihentikan dan tekan tombol “Force stop”.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Selain menggunakan fitur bawaan, pengguna juga dapat menginstal aplikasi pihak ketiga seperti Advanced Task Killer dan Greenify untuk menghentikan aplikasi latar belakang. Aplikasi tersebut dapat memantau dan menghentikan aplikasi yang sedang berjalan secara otomatis, sehingga dapat menghemat penggunaan daya baterai dan meningkatkan kinerja perangkat.

4. Mengaktifkan Mode Hemat Baterai
Beberapa perangkat Android memiliki fitur “Power saving mode” atau “Battery saver” yang dapat mengoptimalkan penggunaan daya baterai dengan mengurangi kinerja perangkat dan menghentikan aplikasi yang tidak penting. Pengguna dapat mengaktifkan fitur tersebut melalui pengaturan baterai atau pengaturan perangkat.

5. Mematikan Synchronisasi Aplikasi
Beberapa aplikasi seperti email, sosial media, dan kalender dapat secara otomatis melakukan sinkronisasi data dengan server. Hal ini dapat mengakibatkan penggunaan data dan daya baterai yang lebih tinggi. Untuk menghentikan sinkronisasi aplikasi, pengguna dapat membuka pengaturan sinkronisasi dan mematikan sinkronisasi aplikasi yang tidak dibutuhkan.

6. Membersihkan Cache Aplikasi
Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat kinerja. Namun, cache yang terlalu banyak dapat memperlambat kinerja perangkat dan mengambil ruang penyimpanan yang tidak perlu. Untuk membersihkan cache aplikasi, pengguna dapat membuka pengaturan aplikasi dan memilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya.

Kesimpulan

Menghentikan aplikasi latar belakang adalah cara yang efektif untuk menghemat penggunaan daya baterai dan meningkatkan kinerja perangkat Android. Pengguna dapat menghentikan aplikasi latar belakang melalui fitur bawaan perangkat, pengaturan aplikasi, atau dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Selain itu, pengguna juga dapat mengoptimalkan penggunaan daya baterai dengan mengaktifkan mode hemat baterai, mematikan sinkronisasi aplikasi, dan membersihkan cache aplikasi secara berkala. Dengan cara tersebut, pengguna dapat menghasilkan pengalaman penggunaan perangkat Android yang lebih baik dan membuat perangkat mereka lebih tahan lama.

Leave a Comment